Senin, 30 Januari 2012

TUGAS UAS ETIKA FILSAFAT ADM

T M A Etika Dan Filsafat Adm
Nama       : Imam Jazuli
Nim          : 2011210019
Prodi        : Ilmu Adm Negara

(01)
a.     Dari konsep di atas dapat saya terangkan dan simpulkan bahwasanya etika merupakan tonggak bagi kita bagaimana nantinya dapat mengukur nilai , baik itu buruk ataupun jelek. Secara sederhana etika merupakan suatu tolak ukur bagi kita agar nantinya kita di kategorikan sebagai seorang yang beretika sejara baik dan bijak

b.      Sebgai seorang leder kita tidak hanya harus mempunyai etika (yang dianggap baik), melainkan dari segala aspek bidang ilmu pengetahuan juga menjadi tolak ukur menjadi seorang leaader. Maka dari itu patut kiranya mengintropeksi lagi dengan kat-kata leader yaitu “peminpin”. Dan mengenai konsep-konsep peminpin telah banyak buku refrensinya. Seperti halnya contoh: jika seorang peminpin hanya mempunyai etika yang dijadikan tolak ukur atau pegangan lantas bagaiman nantinya kalau anggotanya mendapatkan sebuah masalah lalu mengeluh kepada leader tersebut. Apakah untuk menyikapi hal tersebut etika sangat dibutuhkan?. Saya rasa tidak. Karena patut kiranya peminpin bisa menganalisa kira-kira apa permasalahan yang telah dialami oleh anggotanya. Dan itupun butuh kemahiran seorang peminpin.

c.      1. Adminstrasi sebagai art/seni
2.Administrasi sebagai science
-sistematis
-objektif/rasional
-metode ilmiah
-perinsip keilmuan
-teori
  3. gabungan (art dan seni)

(2).
a.     secara sederhana saya akan mengatakan bahwa pada har ni sesuai dengan realita yang telah ada kita memang dituntut untuk bagaimana keseharian kita tidak melenceng dari konsep di atas. Jika secara kesimpulan filsafat dapat diartikan “cinta kebijaksanaan”. Maka kita sebagai agent perubahan setidaknya dapat mempertahankan makna tersebut dan menjalankannya.

b.          1.Apa yang dapat saya ketahui ?
                  Di bidang kesenian: lebih fokusnya dilingkup sastra

2.     Apa yang harus saya lakukan ?
Membaca,menulis dan terus menulis dan yang terakhir diskusi dengan seseorang yang telah berpengalaman. Lalu setelah itu mengirmkannya ke media massa.

3.     Apa yang bisa kita harapkan ?     
            Ketenangan jiwa


(3).
a.     Karena di satu sisi pelayanan publik fungsinya sangat dominan di masyarakat. Dan juga menjadi seorang pelayan masyarakat tidaklah gampang. Jadi tidak salah kiranya jika pelayanan publik menjadi titik sentral reformasi. Disisi lain menjadi seorang pelayan harus mempunyai seni/art. Sebab masyrakat ingin dirnya selalu dilayani dengan baik. Maka dari itu diharapkan nantinya indonesia menuju pada praktik good governance.
b.     kalau berbicara masalah birokrasi yang paling efektif,efisien dan rasonal maka hemat prospektif pemikiran saya maka secra sederhana saya akan mengatakan bahwa: bagaiman kita menyampaikan aspirasi kepada masyarakat secara rasional dan dapat dicerna oleh masyarakat sesuai dengan fakta. Tidak mengurangi dan menambahi.

(4)

a. -ketua
     -wak. Ketua
     -sekretaris
     -bendahara
     -seksi-seksi
    -dan anggota

b. perlu adanya relasi yang solid dan loyal antara unsur yang satu dengan yang lainnya. Agar     nantinya tidak ada yang melangkahi job dan saling menyalahkan kalua ada sebuah persoalan dalm organisasi tersebut. Dan juga agar sebuah impian kita cepat tercapai. Kira-kira apa yang menjadi visi misi kita cepat terwujud.

(5).
a.     Dari penjabaran di atas dapat saya anlisa bahwasanya kalu kita ingin mengenal dan mendalami pengetahuan tentang kepemnpinan kita harus mengenal dulu dari peminpin, yang dipinpin dan situasi. Seperti contoh apabila kita ingin yang lebih tinggi maka kita harus mengenal yang di bawah dulu. Sangat mustahil apabila kita mengetahui yang tinggi tanpa yang rendah dan juga kaitannya seperti konsep dan penjabaran diatas.

b.     -demokrasi
-liberal
-otoriter
c.    Karena masyarakat/publik ingin juga menyampaikan aspirasinya terkait dengan kepeminpinan dalam organisasi. Baik itu berupa kritikan,saran-saran dan masukan. Sangat layak kiranya pemerintahan yang demokrasi berjalan dan diadopsi dalam keseharian di indonesia.


(6)
a.     Hakikatnya peminpin harus bisa mengambil keputusan secara bijak. Agar nantinya tidak ada yang dirugikan dari salah satu pihak. Ibaratnya apabila salah satu anggotanya mendapat sebuah masalah yang cukup rumit maka tugas seorang leder memang sangat sentral untuk memutuskan sebuah tindakan yang bijaksana.

b.     Keputusan yang tepat dan tidak berat sebelah yang sangat cocok untuk dikategorikan keputusan yang bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar